Jumat, 17 Juni 2016

Art Jog 9


Pagi yang cerah dengah hati yang basah, yah gak nyambung. Oiya gue lupa mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan, jangan lupa makan biar puasanya kuat. Gak kerasa ternyata udah mau dapet setengah bulan, artinya setengah bulan lagi waktunya malakin uang ke tempat saudara Anda masing-masing.

Puasa ramadhan tahun ini, gue jadi jarang ke masjid, paling sering cuman dateng pas sholat tarawih. Alesannya mungkin karena kebiadaban kebo gue yang udah level akut akhir-akhir ini. Seperti biasa, pas gue tidur abis subuh, gue pasti bangun sekitar jam 12 siang, abis itu bangun sholat dzuhur dan kembali tidur lagi. Yang paling parah pernah gue tidur abis subuh, bangun-bangun kok masih gelap dan ternyata udah adzan maghrib.

Karena gak ada kerjaan dan untuk mencegah kebiadaban kebo gila yang semakin menjadi-jadi, gue putusin buat pergi main keluar rumah. Kemaren gue abis ke ART|JOG|9 (Semacam pameran seni kontemporer tahunan terbesar di Indonesia) yang pada saat itu tempatnya di Jogja National Museum (JNM), bareng sama Moris si anak kekurangan nutrisi.

Kita berangkat sore karena sekalian pengen buka puasa di jalan. Enaknya jalan sesama cowok gini adalah gue gak perlu keluar duit buat bayarin makanan dia, beda kalo kalian ngajak gebetan misalkan, kalian pasti gengsi kalo gak keluar duit buat bayarin kan? Kalo kalian bawa temen sesama spesies kayak gue sama Moris gini, makan deh itu gengsi, makan urusan kita masing-masing, kalo gak bawa duit ya kita tinggal aja, entah mau cuci piring atau ngapain terserah. Gyahaha. Tapi gak enaknya adalah paling kalian dikirain manusia homo.

Setelah sampe di JNM, gue sama Moris langsung menuju ke tempat pembelian tiket. Dapet 2 tiket dan kita masuk lewat pintu, yaiyalah. Begitu pintu gue buka, karya pertama yang gue temui adalah mie instan yang disusun, ini masuk ke warung burjo atau ke pameran seni sebenernya? Pikir gue waktu itu. Cuman disitulah letak keunikan sebuah seni, gak bisa sembarangan orang bisa menikmati. Cieleh asik ya bahasa gue?

Beberapa saat setelah keliling melihat mahakarya seniman-seniman yang dipajang disini, gue mikir, 'Ini kenapa yang datang banyak bulenya gini ya'. Gue disana juga melakukan penelitian gak penting tentang jenis-jenis pengunjung yang ada disini, hasilnya adalah:
1. Tipe Penikmat Seni : Artinya orang-orang ini dateng kesini karena mereka emang ngerti dan memaknai sebuah karya seni, golongan ini kebanyakan bule-bule.
2. Tipe Penikmat Selpi : Artinya orang-orang ini dateng ke pameran ini cuman buat foto-foto selpi gak jelas aja, pose mangap-mangap, bibir monyong-monyong, udah kayak ikan paus lagi kawin sama babi ngepet. Caranya gimana tuh? Entahlah. Kebanyakan golongan ini adalah anak-anak jablay, eh alay yang cairan pelumas otaknya kering, jadi gesrek.
3. Tipe Penikmat yang Lagi Menikmati : Nah loh, bingung kan lo. Secara umum orang golongan ini adalah orang yang dirumah gak punya kerjaan, jomblo, dan hobi cuci mata. Jadi sebenernya dateng itu bukan buat liat karya seninya (re: gak punya jiwa seni) tapi liat yang lagi liat karya seninya. Gue malah jadi bingung sendiri bacanya.

Seorang anak hasil dari perkawinan anakonda sama kambing congek

Ini dia Si Moris anak Abege kekurangan nutrisi
Puas berkeliling, gue sama Moris keluar. Haduh, sampe luar juga sama, isinya orang pacaran semua. Terkutuk kalian yang sedang pacaran, HIDUP JOMBLO, WOWOWO, ngibarin bendera jomblo, cangcut warna kuning, karena jomblo suka eek gak disiram. Eh emang iya? Ngaco deh.

Gue sama Moris gak langsung pulang, kita duduk-duduk bentar di parkiran, hingga akhirnya peristiwa naas terjadi, ketika lagi santai duduk di atas motor, yang entah milik siapa.
  'Mas.. mas.. bisa tolongin saya keluarin motor?' kata mbak-mbak di sebelah gue agak jauh.
  Gile gue dikirain tukang parkir, apes bener deh, tapi karena gue anak solehee, akhirnya gue bantuin deh itu mbak-mbak, 'Oh iya mba, motornya yang ini?'.
  'Iya mas, makasih banyak ya mas!!'

Ini bukti kalo gue udah sukses jadi tukang parkir yang profesional
Setelah motor Si Mbaknya keluar, gue sama Moris langsung cabut aja daripada ada mbak-mbak yang laen yang ngira gue tukang parkir. Akhirnya kita pulang, dan gue mampir ke rumahnya Moris dulu buat ngopi-ngopi uhuy. Dirumahnya Moris jadinya gue malah gak cuman ngopi, karena es buah, roti tawar, jeruk dikeluarin semua dan gue makan dengan binalnya. Kalo gue pulang nabrak plang sedot WC ini karena gue mabok oplosan kopi sama es buah.

Oiya dirumahnya Moris karena di perumahan ada banyak kucing berkeliaran pada malam itu. Awalnya gue biasa aja dan para kucing itu datang trus gue kasih makan roti tawar yang abis gue emut-emut. Untung aja gak pada mati keracunan.

Setelah gue liat-liat ada satu kucing yang menarik perhatian gue, dia beda.. dia beda sama kucing-kucing yang lain, trus gue nanya ke Moris, 'Kalo gue bawa pulang boleh gak sih ini kucing?', Moris bilang, 'Iya bawa aja, disini juga gak ada yang punya.', tapi sayangnya dirumah, istri kakak gue lagi hamil, jadi gak boleh piara kucing gitu kalo lagi ada orang rumah yang lagi bunting.

Ini kucing yang rencana mau gue adopsi jadi majikan gue, unyu kan?
Beberapa hari yang lalu gue juga udah beli kandang buat itu mpus, cuman kandangnya sekarang malah dipake sama kakakku yang kampret itu buat kandang burung, ternyata selama ini dia gak bisa bedain antara kandang kucing sama kandang burung, dia mengidap penyakit buta kandang. Tapi yaudah daripada nganggur sambil nungguin istrinya kakakku lairan, biarin itu si burung ngrasain gimana rasanya dikandangin di kandang kucing yang belom gue cuci. Mampus deh lo

3 komentar:

  1. Hahahhaa ada tips penikmat selfie juga, untung gw ngak suka selfie tapi demen nya di foto #EhGimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaelah, jadinya sama aja dong ah.. gimana sih!!!

      Hapus
  2. Pameran seni... di Jogja lagi! Kenapa, ya, aku selalu membayangkan Jogja sebagai kota yang menyimpan sejuta keindahan, padahal aku belum pernah ke sana. XD

    BalasHapus