Kamis, 14 Juli 2016

Sabtu Bersama Bapak

Sebenernya dari awal film ini diputer di bioskop, gue gak tertarik sama sekali buat nonton itu film. Karena dalam benak gue, film tersebut bakal bikin gue nangis mewek inget almarhum Bokap gue. Tapi gue salah besar, ternyata gue dapet banyak banget sisi positif yang bisa gue ambil dari film "Sabtu Bersama Bapak" ini.

Jadi, kemaren kebetulan di desa gue ada orang yang meninggal, dan seperti biasa, gue dan temen-temen pemuda yang laen dateng buat ngangkat peti jeazah ke kuburan. Sampe sini pun gue masih biasa. Tapi setibanya di pemakaman, otomatis gue ikut ngeliat prosesi pemakamannya dong. Nah, di akhir-akhir, gue liat cucu-cucu orang yang meninggal bantuin masukin tanah ke makamnya, ada yang pake cangkul, bahkan gue liat dengan mata kepala gue sendiri, ada yang sampe pake tangan buat masukin tanahnya.

Di posisi tersebut, gue cuman bengong, gue termenung ngeliat betapa sayangnya cucu-cucu itu kepada kakek-neneknya. Gue menyesal... bahkan sangat menyesal, dulu, disaat pemakaman Bokap, gue sebagai anaknya, justru gak bisa hadir ke pemakaman Bokap, bahkan untuk ngeliat Bokap untuk yang terakhir kalinya pun gue gak bisa.

Tapi saat itu gue sadar, Bokap udah gak ada dan gue gak mau nyusahin orang lain lagi, Nyokap ataupun kakak-kakak gue. Disaat mereka menelpon gue dan bilang, "Yan, coba kamu nanya ke panitianya, suruh nyari tiket pulang yang paling cepet nyampe ke rumah", yang artinya mereka nunggu gue buat hadirin pemakaman Bokap, tapi... gue cuman bisa jawab, "Gapapa mas, Bapak dikubur duluan aja gapapa, aku udah ikhlas Bapak gak ada", tapi lain di mulut lain di hati, siapa manusia yang gak pengen ngeliat orangtuanya untuk yang terakhir kalinya, begitu pun gue.

Gue gak nyangka, Bokap pergi secepat itu, bahkan disaat gue belum bisa ngebanggain Bokap, bokap udah pergi ninggalin gue. Yang seharusnya Bokap sama Nyokap bisa tersenyum bahagia saat gue wisuda nanti, kini tinggal harapan kosong semata. Tapi, gue tetep bersyukur, karena di dunia ini, gue masih punya Nyokap yang punya hati seluas samudera untuk menerima semua kenyataan yang udah terjadi.

Saatnya membuka lembaran hidup baru, hidup gue masih sangat panjang. Masih ada Nyokap, yang selalu ada buat gue, masih ada kakak-kakak gue yang selalu mensuport segala hal yang gue lakuin. Masih ada juga pesan-pesan dari Bokap yang selalu memotivasi gue. Beginilah hidup harus terus berjalan.

Walau telah tiada, Bapak akan selalu ada...

******************

Dari pemakaman itu, gue gak tau kenapa langsung pengen banget nonton film ini. Akhirnya gue sendirian, langsung pergi nonton, dan parah, ramenya gak ketulungan. Nyari parkir motor aja susah. Yang dijadwal film mulai jam 16.55, gue nyampe jam 16.45. Turun dari motor, gue langsung beli tiket dan yang pasti ke kamar mandi cuyy..

Sekarang gue bakal bahas film "Sabtu Bersama Bapak". Di awal film, gue ngira bakal tidur karena ngebosenin. Ternyata, salah guede banget, Yang awalnya gue ngira di film ini cuman ngebahas kesedihan karena konflik yang berlarut-larut, ternyata film ini juga menyuguhkan komedi-komedi ringan yang dilakukan oleh si Saka sebagai anak bungsu, yang berhasil membuat tawa para penonton. Bahkan nih, gue kasih tau ke kalian semua, samping kanan gue, dua anak cewek cabe, ngakaknya sampe tepok-tepok kursi depannya, dan akhirnya kena semprot sama yang punya kursi.

Menurut gue, ini film komplit banget, bisa ngebolak-balik emosi orang yang nonton, yang tadinya gue hampir mewek, gue bisa balik jadi ketawa ngekek. Apalagi kalo bukan karena ulah si Saka (Deva Mahenra) dalam getirnya mencari pasangan hidup.

Disisi lain, akting semua pemain keren abis, total pokoknya. Selain si Saka (Deva Mahenra) yang telah berhasil membuat suasana cair, akting dari Acha dan Satya (Arifin Putra) yang mempunyai konflik tersendiri, yaitu permasalahan rumah tangga juga gak kalah bikin suasana jadi tegang. Suasananya.. bukan yang laenn.

Tak hanya itu, Ibu dari Saka dan Satya yang diperankan oleh Ira Wibowo pun telah sukses membuat para penonton bolak-balik mengambil tisu dari tasnya. Hal itu karena pembawaan beliau yang menjadikan para penonton kangen sosok seorang Ibu dirumah, baik masakannya, perjuangan mendidik anaknya, dan hal hebat lainnya. Selain itu, dihadapkan pula konflik seorang Ibu yang pada masa tuanya ternyata juga mengidap penyakit cancer, seperti sang Bapak dahulu. Mampukah keluarga ini menjadi bahagia di akhir cerita??? Penasaran kan? makanya tonton film ini, gak rugi deh.. Majulah perfilman Indonesia!!!

8 komentar:

  1. Sabar ya cees.

    Eh Saya juga pengen banget nonton film ini. Btw, blog ini gak ada tombol follow ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi cees.. ces apaan sih *?*gak ada ya? gak ada keknya bro.. caranya bikin giman sihh? wkwk

      Hapus
  2. aku belum nonton. sebenarnya pengen nonton sih, cuma kemarin pas ada kesempatan nonton malah milih Rudi Habibie. alasannya sih sama kayak kamu, nanti mewek. soalnya Ayahku juga udah gak ada. takut baper nontonnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ternyata salah kok, gue kehibur banget malah, ya emang sih ada mewek meweknya, cuman overall keren kok filmnya...

      Hapus
  3. Wa.. sedih banget. Bapaknya meninggal. :(

    Semangat ya.. semoga bisa banggain ibu. :)

    Iya, dari semua komentar yang pernah nonton katanya bagus. Jadi pengen nonton..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminn semoga segera terwujud yee..

      wah belom nonton? rugi deh, buruan keburu gak tayang lagi..*kokmaksa*

      Hapus
  4. Yang sabar ya, semoga Bapak kamu tenang di alam sana. Aamiin:')

    Banyak banget yang nulis review tentang film ini, pengen banget nonton tapi sayangnya aku tinggal di daerah yang gak ada bioskopnya. Hiks *curhat :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini selalu sabar kok. :')

      oh itu, suruh kades ngadain layar tancep aja dilapangan.. kasian bener.. :D

      Hapus