Kamis, 11 Agustus 2016

OSPEK NAGIH DARI UGM

Hai hai haaaiiiii semuanya, sumpah demi alam seisinya gue kangen sama kalian semua. Beberapa minggu aja udah berasa kek 5 taun gak nulis di blog ini. Seperti yang udah gue jelaskan di posting sebelumnya, gue gak update karena lagi ospek di kampus tercinta gue. Jadinya, di kesempatan hari ini, gue mau share pengalaman selama ospek 6 hari di UGM yang sangat sangat super duper aduhai bikin nagih, kalo bisa mau deh tuh gue ospek 3 bulan juga.

Oiya, kalo di UGM namanya bukan ospek kawan bugil, tapi PPSMB yang merupakan kepanjangan dari.. ah gue lupa lagi. Skip! Perlu sekali lagi gue tekankan, PPSMB di UGM ini jauh sangat sekali *efek setelah lama gak nulis jadi lupa EYD* beda sama kampus-kampus lain. Di PPSMB ini, kita para mahasiswa baru benar-benar diajarkan bagaimana untuk menghadapi dunia perkuliahan, bukan hanya sekedar tugas-tugas yang tidak bermanfaat.

Secara teknisnya, dari 6 hari itu dibagi menjadi 4 hari untuk materi dan 2 hari untuk softskills. Hari pertama dan kedua digunakan untuk PPSMB tingkat universitas, dimana maba dicampur dengan berbagai fakultas ke dalam beberapa gugus. Gue dapet gugus Hardjono 5, dan sumpah lagi nih ye, kalo boleh jujur, gue lebih akrab sama anak-anak Hardjono 5 daripada anak-anak di prodi gue sendiri. Soalnya, kampret-kampret Hardjono 5 itu gokil semua anaknya, cantik-cantik ganteng-ganteng, enak diajak bergaul, apalagi Cofasnya yang binal-binal, bikin icebreaking fail terus, parah kacau, tapi justru itu yang bikin kelas jadi pecah rame.

Di mulai dari hari pertama PPSMB, kita diharuskan jam 6.30 sampe di lapangan Grha Sabha Pramana (GSP) untuk melaksanakan opening ceremony PPSMB 2016. Dari rumah gue udah panik campur parno, takut dimarahin kek pas SMA dulu. Ternyata pas udah sampai di GSP acaranya nyantai banget, apalagi pas acara udah dimulai, dan para maba dimanjakan dengan berbagai pertunjukan UKM yang ada, dan yang tak kalah keren adalah atraksi air show dari Menwa, 30 penerjun dijatuhkan dari ketinggian ribuan kaki. Itu gila, kerennya gak ketulungan, disaat penerjun-penerjun terakhir di jatuhkan, ternyata mereka bawa bendera UGM, bendera Merah Putih, dan bendera sponsor yang sebenernya sih agak mengganggu suasana, tapi yaudah laa ya daripada gak jalan acaranya.

Dan yang gue tunggu-tunggu tiba, yaitu orasi kebangsaan oleh Bapak Ganjar Pranowo cuii, dengan gayanya yang santai tapi tegas dan mantap beliau membangkitkan gelora api semangat yang hadir di tempat itu. "Pikirkan bangsamu baik-baik" sepatah kata yang simpel tetapi menusuk hati setiap orang yang sedang menyaksikan orasi beliau.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi di kelas, Hardjono 5 dapet kelas di BA 301 FISIPOL. Gedungnya asoy, liftnya mahal, full ac, jadinya betah kalo mau ngorok di kelas. Oiyaaa sampe lupa, nama Cofas kita adalah Kak Wahyu sama Kak Amel, denger-denger mereka juara bikin ice breaking gagal. Satu lagi, mereka ini pasangan Cofas yang kadang sehati kadang enggak sampe mau tawuran. Tapi yang pasti mereka berdua, Cofas terkeren se Hardjono 5 deh.

Gak cuman Cofasnya, anak-anaknya pun kacau parah, gue sih curiga mereka pada gak lulus tes kesehatan pas mau masuk UGM. Which is, itu alasan gue lebih akrab sama anak-anak Hardjono 5. Meetup sama anak-anak sejurusan aja gue gak pernah berangkat, giliran kemaren ada kumpul Hardjono 5 gue semangat 45 buat dateng.

Di PPSMB ini kita bebas dari yang namanya kekerasan, baik verbal maupun fisik, dan itu memang benar-benar dijalankan oleh semua panitia bukan cuman sekedar bulshit belaka. Tanpa kekerasan pun nyatanya mahasiswa bisa tertib kok. Kalo dipikir-pikir, di kampus lain, atau udah deh gak usah jauh-jauh kita ambil contoh kampus tetangga, kenapa juga harus pake ocehan yang malah buang-buang tenaga, mubadzir kan jadinya, bener gak?

Yang jelas, kalo pengen dapet respect dari para maba itu gak perlu pake kerkerasan, yang ada maba pada ilfeel sama senior. Bentar, gue kenapa malah jadi ngomongin ospek kampus laen sih. Lupain!

Udah gak ada kekerasan, eh masih dikasih snack sama makan berat, enak lagi. Bisa kalian bayangin deh gimana enaknya ngejalanin PPSMB ini. Yang faktanya 6 hari, cuman berasa jadi sehari doang, cepet banget sumpah. Bahkan nih, gue mikir PPSMB ini buat anak kos adalah surga, karena gak perlu ngeluarin duit buat makan siang, kan kampret.

Gue pikir cerita satu hari aja udah cukup deh ya menggambarkan betapa kami para maba dimanjakan oleh kakak-kakak unyu yang gak bisa gue sebutin satu per satu, ya karna gue mana inget bego!

Untuk yang terakhir, mungkin gue bakal ceritain aja masalah closing ceremony PPSMB 2016, seperti taun-taun sebelumnya, pada akhir penutupan acara pasti UGM membentuk formasi tertentu dari caping-caping para maba yang udah dicat dengan ganas. Dan taun ini, kami maba angkatan 2016 membentuk lambang PBB cui, keren kan? Dan yang jelas kita cuman bisa tereak-tereak kesetanan di tengah lapangan tanpa bisa ngeliat formasi apa yang kita buat.

Formasi PBB di lapangan pancasila Grha Sabha Pramana UGM
Selain itu, ada juga Human LED, yaitu pembentukan formasi juga tapi dari kertas asturo, jadinya ada 5 kertas asturo kita tempel trus dibalik-balik, keliatan simpel kan? Tapi jangan salah, hasilnya bisa buat kalian semua ngiler 1 semester, salah-salah bisa sampe bikin kalian boker ditengah lapangan. Untuk formasinya masih kita rahasiakan yee sob, karena takutnya ada pihak yang coba mengcopypas.

Itu dulu deh tulisan gue setelah lumayan lama gak nulis, agak kacau juga sih sebenernya, tapi yaudahlaa daripada gak nulis sama sekali. Buat kalian yang pengen masuk UGM taun depan, gue doain pasti masuk, dan kita tunggu di PPSMB taun depan gaess.. :*

Jadi Yushist itu nama MC viralnya PPSMB 2016, pasangan MC nya si Sabela
Hardjono 5 Squad closing ceremony
Hardjono 5 Squad pas sesi materi di kelas
Hardjono 5 numpang foto
Acara makan-makan Hardjono 5 setelah kelar PPSMB

3 komentar:

  1. Ospek lu kayaknya seru yah, ceesku. Beda pas zaman saya, gak jelas banget.

    Btw, lu masuk jurusan apa kuliah? Cantik-cantik gak seniornya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat sekali seru cuii, gimana? dulu sampe disuruh makan tai ayam?

      jurusan d3 manajemen, seniornya gue gak begitu tau sih, cantik gak tau, kalo yang ganteng gue tau ._.

      Hapus
  2. serius bikin nagih pengen ospek lagi?
    makanan gratisnya boleh banget tuh :D

    BalasHapus