Sabtu, 02 Juli 2016

Melompat Jauh Lebih Tinggi

Pagi semuanya.. buat yang anak SMA, gimana hasil SBMPTN nya? buat yang lulus, alhamdulillah yah, berarti kalian pas ngerjain lagi barokah aja *itu mah gue*. Buat yang belum, never give up, semua udah ada yang ngatur, rencana Tuhan lebih indah dari rencana kita. *ceritanya pengen jadi super mario*

Kalo gue sendiri, alhamdulillah pas ngerjain dapet cahaya pencerah, samping sama belakang gue itu cewek cakep semua, alhasil gue sampe keabisan waktu ngerjain TKPA cuman gara-gara ngiler melototin itu cewek. Gue pun tersadar Matematika Dasar gue belom gue isi sama sekali, sedangkan waktu tinggal 5 menit lagi. Mampus deh lo. ya akhirnya gue jawab cuman 5 nomer, dan ya pasti ngasal laaa, gue mana kuat ngerjain matdas yang bisa bikin otak jebol!!! Tapi, sengawur-ngawurnya gue ngejawab itu soal, ternyata masih ada yang bener.

Seperti yang pernah gue bilang di postingan sebelumnya, SBMPTN bukan target utama gue, makannya gue jawabnya ngasal aja, eh malah keterima di pilihan kedua UPN Manajemen. Gue curiganya sih, gue ketrima gegara "Ritual Menjelang Ujian" yang pernah gue lakuin waktu itu.

*Pesan Moral: Gausah niat ngerjain deh kalo mau diterima*

Oiya, hari ini tanggal 1, pengumuman um ugm. Ya olooh gue jadi parno gini, karena ini prioritas utama gue, VOKASI UGM MANAJEMEN. Doain ya gaes, semoga mendapat yang terbaik menurut kehendak-Nya. AMIIIINN

*update: sebenernya postingan ini mau gue publish kemaren, cuman berhubung sinyalnya kek pocong ngesot, baru bisa gue publish hari ini, dan berita updatenya adalah... gue KETRIMA DI MANAJEMEN VOKASI UGM WOOII, ALHAMDULILLAH YA ALLAH!!!*

Cuman, yang jadi masalah, yang ujian gue kan ya, kenapa yang rempongnya setengah mati itu malah kakak gue yang lagi kerja di Semarang. Sebelumnya, gue udah kasih tau tanggal pengumumannya kapan. Itu pun gue salah kasih info, yang harusnya tanggal 28, gue bilang tanggal 25, jadinya kena semprot kudanil betina deh.

Pas tanggal pengumuman tiba, gue seperti biasa bangun tidur jam 12 siang. Gue tau itu hari pengumuman tapi gak terlalu bernapsu untuk liat hasilnya. Kelar sholat, gue main Counter Strike, trus gue liat henpon di grub line kelas ataupun angkatan udah pada heboh, ucapan alhamdulillah sampe bikin henpon gue nge-hang. Akhirnya gue restart dan notif line masih terus berbunyi, ditambah lagi notif whatsapp dari kakak gue yang ternyata udah dari pagi ngechat gue dan juga telpon beberapa kali, kirain mau nagih utang, makanya gak gue bales.

[Pukul 8.49]
Mba Vera: Drumah g?

[Pukul 15.24]
Mba Vera: Yuunnn
Mba Vera: Gimana hasilnya? Di wa g diblz *kudanil sudah mulai ezmozi sodara*
Gue: Belom tak liat
Mba Vera: Kodemu apa?? *kode??.. helloooo.. emangnya password!!!*
Gue: Kode apaan??
Mba Vera: Itu yang buat login
Gue: Nomer peserta kali??
Mba Vera: Iya itu.. cepetan..
Mba Vera: GPL... 
Gue: *sabar napa??? gue jedotin pake kulit duren juga deh lu nil.. kudanil!!
Gue: 216xxxxxx
Mba Vera: ALHAMDULILLAH!!! *kirim skrinsut*
Gue: Yeey.. *udah gitu doang*


**********

Pagi itu, seperti biasa gue bangun tidur kesiangan, jam menunjukan pukul 6.37. Jarak antara rumah gue sama sekolahan itu sekitar 20 menit. Setelah gue ngitung, waktu gue buat mandi sama dandan cuman tinggal TIGA MENIT. Sisi jahat gue pun berbisik, 'Gausah mandi, ntar telat mampus lo'. Akhirnya gue pagi itu beneran gak mandi, asshole daripada telat, gue lebih milih gak mandi.

Segera gue bangun dari kasur, cabut ke kamar mandi *buat cuci muka*, lalu balik lagi ke kamar dan langsung ganti pake seragam. Kelar, gue langsung keluar rumah buat ambil motor. Waktu gue berkurang lagi 2 menit buat manasin motor. Jadi, menurut perhitungan gue, masih ada sisa waktu 1 menit buat gak telat nyampe sekolahan.

*Gue berangkat ngebut ke sekolahan udah kek Rossi pas jaman SMA, mulai ngaco kan!!*

Huhh sampe juga di sekolahan, ta.. tapi... kenapa gerbangnya udah ditutup?? Gue mikir, mikir keras, dan... WADEFAK gue baru nyadar ini hari JUMAT, yang artinya, gerbang, ditutup JAM 6.45!!!

Gue berusaha tetap rilex, gue juga sempet berpikiran mau pulang, cuman naluri siswa teladan gue berbisik, 'Jangan balik kalo lo cowok sejati'. Okee, FINE lagian gue juga masih punya titit kok!!! Otak gue berputar lebih cepat dari biasanya, yeaahh.. di samping sekolah kan ada parkiran, biasanya kalo pada telat parkir disana. Gue pun dengan kemampuan eks agen FSB pelan-pelan pergi dari gerbang menuju ke parkiran samping sekolah.

Setelah gue parkir, tiba-tiba gue langsung dapet ide brilian. Gue bergumam, 'Kenapa gue gak lewat pintu belakang aja? Kan lagi ada pembuatan lapangan baru, pasti pintunya dibuka!!'. Gue lari pelan ke arah pintu belakang sekolah, pas udah nyampe, gue pegang gagang pintunya, gue puter, 'Gleek' oh shiit ternyata terkunci.

Dari kejauhan, gue liat ada 3 anak laki-laki, dan 2 anak perempuan mendekat ke arah gue. Wow, ternyata gue gak sendirian, ada setan-setan lain juga yang telat. Semakin mendekat, gue tau kalo itu adalah Huda, temen gue sama-sama kelas XII, dan 4 orang sisanya keknya kelas X, gue gak begitu kenal.

Gue clingak-clinguk liat kiri-kanan atas-bawah, dan Eureka... gue liat di atas pintu ternyata semacam blok rendah yang bisa dipanjat dengan mudahnya, apalagi sama gue yang mantan agen gas elpiji gini. Huda sama anak kelas X dengan brutal ngeliatin gue, dari sorotan matanya seakan pengen ngomong, 'Cepetan lompat bego, keburu makin telat'.

Tapi sayang, 2 anak perempuan yang tadi gabung, ternyata lebih milih lewat gerbang depan, dan artinya mereka siap buat disemprot abis-abisan. Gue hampir nangis terharu, karena kita sebagai cowok malah gak bisa ngadepin masalah secara gentle. Cuman, keputusan gue udah bulat, gue pengen nyoba rasanya jadi mata-mata kek di film-film agen rahasia, dan inilah waktu yang tepat untuk mempraktekan sehebat apa kemampuan gue. *praktek lompat pager di sekolah = perbuatan anak-anak idiot mabok paracetamol*

Dengan yakin, kaki gue melangkah. Gue yang dapet giliran pertama langsung manjat dinding dan naek ke atas blok pintu dengan mudahnya, cuman gini doang mah kecil. Sesampainya di atas, gue turun pake teknik parkour yang pernah gue pelajarin, begitupun si Huda, dia juga bisa parkour.



Ekpresi gue pas manjat ya gini, itu yang dibelakang ibaratnya kek anak kelas X
Gue sama Huda udah nyampe di bawah dengan selamat, tinggal 2 bocah kelas X itu yang belom lompat. Satu anak naek, dan turun pegangan sama pohon yang kebetulan ada dideketnya, pinter juga nih anak kampret, gue aja malah gak kepikiran buat pegangan sama pohon. Nah giliran anak terakhir yang lompat, gue gak tau, ini anak abis nelen eek kuda lumping dimana, itu anak geblek banget, udah tau itu pager lumayan tinggi, malah langsung lompat terjun bebas ke bawah. ELO BUKAN BATMAN BEGOO, ELO GAK BISA TERBANG!!!

'BRRUUKK' suara si anak kutu kampret itu jatoh.
'Aduuoohh' tereak dia, untung gak kedengeran sama guru yang lagi ngajar di kelas.
Gue sama Huda cuman bisa nahan ngakak liat tingkah itu anak, sumpah waktu itu gue pengen tereak, 'GOBLOOK!!! GOBLOK BANGET!!! KALO MAU BUNUH DIRI JANGAN DISINI BEGOO!!! BHAHAHAHA!!!', tapi gakjadi takut malah ketauan.
'Eh lo gapapa?' tanya si Huda ke anak super malang itu.
'Oh, gapapa kok mas, santai aja', Santai pantat lu bocor!! Gue aja tau, itu rasanya pasti sakit!!

Setelah beres semua, kita jalan berpisah dan menuju ke kelas masing-masing. Selayaknya agen rahasia pada umumnya, gue jalan santai dan bersikap biasa. Sampai di depan pintu kelas, gue denger kok kelas gue rame banget kenapa sih? padahal kan sekarang jadwalnya Pak Sartono yang kalo ngajar semua pada diem. Akhirnya, gue buka pelan-pelan pintu kelas, dan gue tengok ke dalem, KOSONG!! Gue pun masuk dan duduk santai, mirip kek Tom Cruise abis boker.

**********

Beberapa minggu kemudian, gue disuruh untuk menghadap Bu Endang, Guru PPkn sekaligus tim Tata Tertib (Tatib) di sekolah gue. Anjroott, perasaan gue mendadak kagak enak. Tapi gue tetep positif thinking. siapa tau gue mau dikasih nobel penghargaan sebagai satu-satunya siswa dengan tinggi badan hampir sama kek closet jamban. Tapi salah, yaiyalah mana sempet sekolah gue bikin nobel kancut kek gitu. Yang ada, setelah gue ketemu sama Bu Endang, gue diajakin ke ruang waka dan disana gue diinterogasi.

Bu Endang: Mas Vian, tau gak kenapa Mas dipanggil kesini?
Gue: Enggak tau Bu. *pasang tampang sok imut*
Bu Endang: Masak? Coba inget-inget lagi kesalahan apa yang kamu lakuin.
Gue: .......... *muka sok-sokan pongo, padahal mah gue tau ini soal lompat pager kemaren*
Bu Endang: Lupa? Coba inget-inget lagi kesalahan yang kamu lakuin selama sekolah disini??
Gue: Ehmm.. telat ya Bu?
Bu Endang: Terus?
Gue: ..........
Bu Endang: Abis telat trus ngapain? kok sampe dipanggil kesini??
Gue: Lo.. Lompat pager Bu.. *gue pasrah, daripada makin panjang urusannya*
Bu Endang: Yaaa.. mirip apa mas kalo lompat-lompat kayak gitu?
Gue: *mikir keras, benda apa ya yang bisa lompat-lompat*
Gue: MIRIP TUPAI BUU.. *jawab gue lantang, dan itu adalah jawaban ngaco*
Bu Endang: Mana ada tupai lompat-lompat pagar, aneh-aneh aja.
Gue: Emm.. kek maling Bu??
Bu Endang: Berarti kamu samain diri kamu sama maling?
Gue: *laahhh, salah lagi, salah lagi, tau gitu gue tadi bilang mirip Tom Cruise dah*
Bu Endang: Oke, trus sama siapa aja?
Gue: *waduh, mampus, gue kan setia kawan, gue gak mungkin bilang*
Bu Endang: Sama siapa aja??
Gue: Emm.. Aaanu Buu, Saa.. Sama Huda trus sama anak kelas X juga tapi saya gak tau namanya siapa. *terpaksa gue bilang, ibarat kata pantat gue udah diujung silet tau gak!!*

Hening.
Tiba-tiba Bu Endang ngomong dengan tatapan tajam ke gue.

Bu Endang: Kamu itu lho, udah kelas 3, bentar lagi lulus, mbok kasih contoh yang baik buat adek-adeknya, blaa blaa blaa.. IBU SALUT SAMA HUDA, MESKIPUN TELAT DIA MENGAKUI KESALAHANNYA, blaa blaa blaa..
Gue: T________T *eek dicelana*

Dari sana, gue bisa simpulin bahwa gue ketauan lompat pager itu, gara-gara si Huda ngambil tas dia di BK dan ngaku kalo dia lompat pager, kenapa tasnya bisa di BK? karena.. TAS DIA TERNYATA KETINGGALAN DI TEMPAT PARKIR SAMPING SEKOLAH!! DAN DIAMBIL SAMA TIM TATIB!! TAELAAA.. Buat Huda kalo baca postingan ini, komen dong, Idiot lo Hud!! Gegara lo, gue harus minta tanda tangan semua Tim Tatib+Wali Kelas+Orangtua gue, itu sama aja kek masuk kandang singa yang lagi kawin sama buaya, trus anaknya jadi uler kobra tau gak!!!

Last but not least, dari kejadian itu, gue sadar banget, gue sebagai cowok, calon imam nantinya, harus bisa berani bertanggung jawab jika udah berbuat. Enggak... Huda enggak gue hamilin kok, dia masih perawan *loh kok gue tau!!*. Dari pengalaman ini juga, gue semenjak itu kalo berangkat sekolah jadi agak pagian dikit. Pernah telat lagi sih, cuman dengan hati yang lebih dewasa, gue hadapi kenyataan itu dan siap nerima semua konsekuensinya.

12 komentar:

  1. Hah, lo baru lulus SMA?? Waaah O_O... gue berasa tua... bentar lagi skripsi...
    *tiba-tiba sesak napas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuh gue masih junior kak, jangan gigit saya!!

      jangan merasa tua gitu dong!!! kan emang udah tua. *gubrak*

      Hapus
  2. Gue juga dulu pas SMA sering lompat pager. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. parah gila, gue udah tau kok dari nama lo aja udah ada pro pro nya gitu dibelakanya..

      Hapus
  3. Wehehe gue juga pernah luncat pagar pas SmP gara2 telat juga. duh duh. Nostalgia baca post ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduoh parah parah, ternyata pada pernah lompat pager to.. guepunya pengikutt wowowo..

      Hapus
  4. Ini cerita telat ke sekolah aja udah kayak nonton drama. Dramatis. Eehh..

    Eeh, gak mandi lagi. :v

    Nah, contoh tuh si Hudaa... telat dan ketauan kemudi ngelaporin temannya eehh -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biar kek di film-film gitu, tapi jadinya malah gajebo yee..

      itu salah satu keahlian gue, bisa gak mandi berhari-hari..

      waduoh jangan gitu, dia temen aku juga lho.. *TERUSINNN*

      Hapus
  5. selamat gengs atas kelulusannya dan tembus ugmnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makaseh gengs.. *ciumpipikanankiri*

      Hapus
  6. Hahaa. Itu tipsnya boleh jg tuh "Kalo mau lulus sbm ngerjainnya jgn niat2 amat" Wkwk. Tp kerenn yak, bias lulus. Selamat, selamat!! :D Ugm jg dapet pulaaa. Uwuwuuu~

    Manjat2 begini jadi inget tmen2 gue pas SMA jg ada yg suka manjat tembok sekola. Udh gtu pake dipidoin+diupload ke yutub pula. Eh ketauan ama guru. Trs hukumannya suru bikin film pendek dah. Oke. Cukup curcol dan nostalgianya :D

    Ade kelas lu gokil jg ye, maen lompat aje ke bawah padahal tinggi. Haha. Dikira lg syuting pilem action kali! Ngakak gue bacanya! Kalo ada matras di bawahnya gapapa deeh..
    Hmm, itu muka tom cruise abis berak kayak gimana si? Bisa lu peragain gak>

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh jangan beneran dipraktekin, kalo disini ada yang ngikut trus gak lulus gegara tips gue, bisa mampus digebukin emaknya gue..

      wkwkdi ulpoad di yutub? wow udah gilagak ketulungan itu keknya.. kebanyakan mabok paracetamol gitu tuh..

      Haha gue kalo inget masih suka ngekek sendiri, itu gobloknya minta ampun, gue gak tau jalan pemikiran dia itu kek apa.. oiya inilebaran, sekalian deh minta maaf yee adek kelas gue yang unyu..wkwk bukan syuting lagi, dia real show gitu..

      Hapus