Senin, 27 Juni 2016

My Family

Hai hai hai semuanya.. Akhir-akhir ini gue lagi gelisah (geli-geli basah), karena gue keknya lagi kena insomnia. Udah beberapa hari terakhir tidur gue keganggu. Ada yang punya saran gak buat sembuhin insom caranya gimana? Sebenernya gak masalah juga sih, soalnya kan lagi liburan, jadi siangnya mau ngebo sampe mulut keluar busa juga gak ada masalah.

Daripada bengong tengah malem berusaha tidur gak bisa-bisa, gue mau sharing-sharing aja tentang keluarga gue, semua penghuni di rumah gue punya ciri khas masing-masing dan saling mempunyai hubungan kekerabatan, yaelah namanya juga keluarga!!

Foto wisudanya Mba Tri sekaligus foto keluarga terakhir bareng Bokap

 

1. NENEK LINCAH A.k.a SIMBOK


Yep.. orang tertua di rumah gue adalah Simbok, begitulah panggilan cucu-cucunya ke dia. Simbok ini punya badan gede mirip monster Sullivan di Monster, Inc. Cuman bedanya dia gak punya tanduk, tapi bohay nya sama kok. Jadi kalo gue lagi dideketnya, gue berasa jadi upil nyelip di ketek barbie.

Ngomong-ngomong soal hobi, Simbok punya hobi keren lho. Yaaa.. Kentut!! Sering kejadian kalo pas tengah malem gue lagi nonton tv, gak ada angin gak ada kutang, tiba-tiba terdengar suara 'BRUOOOTTT..' menggelegar seisi ruangan, mesti siapin oksigen deh sebelum mati keracunan kentutnya badak tak bercula ini. Soal dunia perkentutan Simbok gue emang udah level expert, selain kerasnya minta ampun ternyata kentutnya bisa bunyi berkali-kali dan membentuk simponi yang indah, pernah suatu malem gue lagi nonton pelm di depan tv.

Gue: *hening.. lagi asik nonton pelm*
Simbok: DUUUUT
Gue: ..........
Simbok: BROOOTT
Gue: *nengok ke arah Simbok yang lagi bobok manis tanpa rasa bersalah*
Simbok: DUUUUUUUUTTTT... BRUUUOOOOOOOOTTTTT............ GROOOOKKK, taelahhh udah kentut sambil ngorok lagi..
Gue: *parang mana parang, ALLAHUAKBAR!!!*

2. Alm. BOKAP


Selanjutnya adalah Almarhum Bokap gue yang paling gue sayang. Ya,, dia emang udah gak ada di dunia ini untuk selama-lamanya, tetapi gue tetep nganggep dia ada. Gue masih inget banget, makanan kesukaannya Bokap adalah peyek belut, dan sampe sekarang malah jadi salah satu makanan kesukaan gue juga. Semasa hidupnya, profesi bokap adalah seorang guru fisika. Dan begonya, dari keempat anaknya gak ada yang nyambung sama profesi Bokap, dari kakak gue yang paling tua ngambil jurusan pelayaran sampe gue anak bungsunya yang banting setir ke jurusan ips. Bahkan anaknya yang ketiga malah manuver ke jurusan tata kecantikan.

But, itu semua karena kita sebagai anaknya gak pernah dikekang untuk harus jadi sama kaya Bokap. Gue inget kata dia ke gue, 'Terserah kamu mau jadi apa, itu hak kamu, yang penting jadi orang.', itu simbol kebebasan sekaligus cambuk bagi gue, karena gue punya kewajiban jadi "orang" seperti apa yang diucapin sama Bokap. Hik.. hik.. hik (kalo nangis effect sound nya gimana sih? gitu bukan?)

Bodinya Bokap gue mirip sama bapaknya nobita. cuman rambutnya yang depan agak botak, kayaknya sih kebanyakan buat mikir deh. Oiya, walaupun badan Bokap gede dan berani dalalm hal apapun termasuk ngeliat setan, Bokap paling takut sama Nyokap, jadinya suami-suami takut istri gitu. Kalo udah berhubungan sama yang namanya Nyokap, haduh daripada pecah perang paregrek part 2000, Bokap selalu ngalah, soalnya dia punya jiwa penyayang yang tinggi, meskipun tampangnya kayak mau nelen orang.

Ciri khas Bokap gue itu orangnya punya sifat kek bekicot ngesot, kalo ngerjain sesuatu lemotnya minta ampun. Sering kalo pas gue minta jemput setelah pulang dari kegiatan yang tidak memungkinkan gue bawa kendaraan sendiri, ketika gue telpon Bokap dan dia bilang lagi otw, itu tandanya dia masih dirumah belum siap-siap dan lagi bangun tidur, abis itu makan, trus mandi deh. Walhasil 2 jam kemudian Bokap baru nyampe.

Gue juga pernah punya pengalaman yang menegangkan ketika gue baru awal-awal sekolah di SMP dulu. Jadi waktu pagi, seperti biasa gue siap-siap mau berangkat ke sekolah, tapi sial ban sepeda gue bocor!! Kampret!! Udah jam setengah tujuh lagi, telat bisa mampus dimakan guru BP yang kalo marah mirip kingkong kawin, nyerocos mulu. Akhirnya gue minta Bokap buat nganter gue ke sekolah dan dia mau.

[Pukul 6.35 ]
Gue: Paaak.. kok lama?
Bokap: Iyaaa... bentar *tereak dari dalam rumah*

[Pukul 6.40]
Gue: Paaaak?
Bokap: Iya bentar baru makan.. *etdah ditungguin daritadi malah makan*

[Pukul 6.45]
Bokap: *keluar rumah dan ngambil motor*
Gue: Paak..
Bokap: Ya? Kenapa?
Gue: Kalo gausah berangkat aja gimana? udah mau telat nih.
Bokap: Yee.. maunya.. ayo cepetan naik, abisnya kelamaan sih kamu tu.
Gue: ............... *perasaan dia deh yang daritadi makan lama amat*

*akhirnya berangkatlah kita dengan kecepatan mentok di 20 km/jam*

[Pukul 6.55]
Gue: Lohhh... Kok..
Bokap: Kenapa?
Gue: Kok lewat sini? bukannya ini jalan muter jauh bangeeettt?
Bokap: Iya, emang.
Gue: ........
Bokap: Sekalian jalan-jalan, udah lama gak lewat sini tau!!
Gue: T_____T *gubrakk, makan rante motor*

3. NYOKAP

 

Nah berikutnya adalah nyokap gue tercintah, dia asalnya dari Sumbawa, NTB. Bokap kenal sama Nyokap waktu dulu masih ngajar disana. Kebanyakan orang bilang kalo orang timur itu logat bicaranya kayak mau perang. Kata siapa?.. Nyokap gue lebih parah, kalo pas lagi ngomong di telpon, bisa bikin lawan bicaranya budek mendadak!!

Gitu-gitu Nyokap gue jago masak lho, cuman sayangnya jarang masak. Paling keliatan pas dia masak itu kalo mau lebaran, pasti deh dapur jadi kek medan tempur abis perang. Kalo udah gitu, hmmm siapa lagi yang disuruh ngeberesin kalo bukan kita, anak-anaknya. Kalo mau ngeles juga susah, 'Buk gak bisa, aku mau ke mesjid', dia pasti selalu punya jawaban yang sama, 'Sana!! Besok uang saku gak ada'. Udah, kalo udah gitu artinya udah selese, mau ngeles lagi yang ada ya kena sembur.

Nyokap punya kebiasaan aneh yang gak semua orang punya. Dia hobi banget ngomentarin semua hal yang lagi dia liat, apapun itu. Contohnya iklan tipi, hampir semua iklan pernah dia komentarin. Pernah kejadian, saat kita semua lagi kumpul nonton depan tipi.

Nyokap: @#$%*&#$%^&*%$# *ceritanya ngedumel gak jelas*
Gue: Kenapa buk?
Nyokap: Itu iklan sampo gak jelas banget!!
Gue: Lahh? Kenapa kok gak jelas??
Nyokap: Yaa mana mungkin rambutnya bisa jadi lurus kaya gitu. *ngomentarin iklan sampo*
Gue: Coba aja buk, siapa tau bisa.
Nyokap: Ibuk udah nyoba, hasilnya tetep gak ada beda.
Gue: Nyoba? Emangnya udah pernah beli?
Nyokap: Lah, itu dikamar mandi???
Gue: Yaeelaaaa itu bedaaa, itu iklan sampo triseme, di kamar mandi itu sampo lepboy!!
Nyokap: Ya kan sama-sama sampo.
Gue: ........ *serah daaah serahh*

4. ABANG KUNTET DAN ISTRINYA

 

Abang Kuntet sama Istrinye dan sama si Mba Tri
Ini abang tertua gue, namanya Very Kunto Wibisono, panggilannya Kuntet, karena ya emang dia bogel, sama gue yang tingginya kek buntelan tempe gini aja masih tinggian gue.

Dia ngambil jurusan kelautan di SMK deket rumah. Setelah lulus, dia magang di Bali, kemudian pindah ke Timika Papua, setelah dari Timika dia pindah lagi ke Sri Lanka, trus terakhir kemaren di Taiwan, dan akhirnya sekarang buka usaha dirumah. Dialah motivator gue yang bikin gue pengen ngalahin pengalamannya buat liat dunia luar. Meskipun gue baru berhasil di satu negara, slow but sure gue yakin suatu saat nanti, gue bisa traveling ke negara-negara yang gue pengen pake duit gue sendiri.

Yang gue gak abis pikir adalah, ketika pulang dari luar negeri sekalipun dia tetep aja gaptek tingkat dewa. Meskipun pulang bawa hp secanggih apapun, ya kalo sama dia fungsinya cuma jadi 2, nelpon sama sms, udah itu doang. Oiya, Abang gue ini juga pernah bilang sama gue, kalo mimpi terbesar dia adalah ke Jepang. Terpaksa dia gak bisa kesana, karena sepeninggal Bokap, dia jadi punya tanggungan lebih, selain itu dia juga udah punya istri. Sabar ma men, doain adekmu yang ganteng ini bisa kesana. Amin..

Oiya sampe mau lupa, sampe tulisan ini gue buat, bentar lagi istrinya Abang gue ini mau lairan, dan artinya gue udah mau punya 2 keponakan, dan apa? gue udah om-om!! Taelaaa baru juga mau kuliah, udah jadi om-om aja. Tapi nih ya, gue kasih tau ke kalian semua, kakak gue sama istrinya itu sama-sama tipikal orang rempong, mau nentuin nama buat bayinya aja setengah mati. Waktu itu, kebetulan gue, Kakak gue dan istrinya lagi duduk dan masih bahas nama buat si calon bayi.

Abang Kuntet: Mau namain apa ya yang cocok??
Istrinya: Terserah.. *biasa, cewek kan gini kalo ditanyain*
Abang Kuntet: Apa tak namain nama jepang aja ya, kan aku pengen ke jepang gak kesampean, siapa tau anakku besok sampe kesana..
Istrinya: Heh, ya anehlah mas, kita kan di desa..
Abang Kuntet: Halah gapapa.. *ambil hp trus gugel nama-nama bayi jepang (sekarang si Bogel ini udah bisa pake internet*
Abang Kuntet: Wah SUZUKI keren tuh, kek motor.. ngehehe
Gue: *lhah, trus panggilnya mau gimana? Su.. su.. gak enak banget!! Suzu.. suzuu.. juga malah kek bayi minta tete*
Gue: Haruka aja Haruka.. *ciah ketauan pensnya jekete48*
Abang Kuntet: Manggilnya gak asik, masak Har.. Harr.. kek cowok dong, yang seksi dong!!
Gue: *pale lu jedot wajan, nama seksi itu kayak gimanaaa?? Gue sebenernya pengen bilang Miyabi bang.. Miyabi... tapi gak jadi, takut dipake beneran*
Isrinya: Udah pake nama jawa aja..
Abang Kuntet: Haduhh pusing dahh.. besok lagi aja nyarinya..
*seeetiap hari kek gitu, sampe tu anak brojol baru tau rasa deh lu tet*

5. MBA VERA


Mba Vera sama Mba Tri
Kakak gue yang selanjutnya adalah Mba Vera, yang pernah gue critain pindah ke Semarang itu lho. Dia adalah sosok orang yang labil. Kadang baik, kadang setannya keluar. Kadang beliin gue parfum, kadang beliin baju, tapi kalo lagi setannya keluar, udah deh gak usah deket-deket daripada disemprot pake iler gorila.

Dulu pas kuliah, dia ambil jurusan Teknik Elektro, dan sekarang, dia lulus jadi pegawai asuransi. Gue gak tau korelasinya dimana, tapi itu gak nyambung banget. Mana ada pegawai asuransi ngeprospek nasabahnya bawa-bawa tespen sama tang!!!

Dia punya sifat pelitnya minta ampun, kalo pas lagi setannya keluar. Sampe duit sepeserpun pasti dia itung kalo pas lagi belanja. Kelar pulang belanja, hal yang dilakuin pertama kali adalah ambil kalkulator trus ngitung nota.

Mba Vera: Nih jumlah belanjaan kamu.. *ngasih coret-coretan, udah kek rumus fisika*
Mba Tri: Yauda, bentar tak ambil duit dulu..
*setelah ambil duit dan cross check coret-coretan*
Mba Tri: Lahh kok sabun dimasukin?? kan ini kebutuhan rumah!!
Mba Vera: Ya emang, justru itu makanya kita bagi, bayar setengah-setengah..
Mba Tri: Lho kan udah dapet jatah dari Ibukkk!!
Mba Vera: Itu kuraangg..
Mba Tri: Laahhhh mana bisa??
Mba Vera: Yaa gak tau, pokoknya kurang!!
Mba Tri: Ya gak bisa gitu dooong!!
Gue: Halah cuma masalah sabun aja dibikin ribut..
Mba Vera + Mba Tri: DIEEEEEEEM!!!
*kalo udah gini, mending beneran diem, salah ngomong bisa digampar pake sabun*

6.  MBA TRI


Ini Mba Tri sama Adek gantengnya
Yuhuuy.. Orang terakhir yaitu Mba Tri, dia pas kuliah ambil jurusan tata kecantikan, dan sekarang kerjaannya emang nyambung, jadi make-up artis gitu keknya. Kalo ada yang mau nyoba boleh lho lewat komen, siapa aja cocok. Kan gue bisa dapet royaltinye.

Dia adalah orang paling mini di keluarga gue, tingginya 150 centi aja kagak nyampe keknya, parah banget emang, udah kurus, pendek, mirip upil lagi. Si kurcaci ini adalah saingan beratnya Simbok dalam dunia perkentutan. Kalo dua orang ini berada dalam 1 ruangan yang sama, wuadoohh itu isinya udah gak bisa dibayangin. Mungkin bisa jadi tempat penyiksaan para tahanan federal kali yeee..

Banyak banget orang ngira kalo Mba Tri itu adek gue, padahal emang masih cocok itu anak buat masuk ke SD lagi, kalo dijejerin sama anak SD juga gak bakalan keliatan. Tapi jangan salah, walaupun badan kek liliput gitu, dia paling nyerocos lho di keluarga gue. Kalo udah ribut sama Ibuk, kiamat dah, jendela-jendela pada retak!!

Kalo masalah teknologi, dia kembarannya Abang Kuntet, bego nya minta ampun. Dia gaul, cuman kalo udah ngomongin gadget pongonya keluar. Saking gapteknya, di tahun 2016 yang serba canggih ini, dia, kalo pengen lagu, sampe pernah ngerekam di radio. INI JAMAN UDAH CANGGIH, TINGGAL DOWNLOAD MP3 KELARR!! NGAPAIN MASIH NGEREKAM DI RADIO, PRIMITIFFF!!

Mbak Tri: Hah.. Yann, ini kok gak bisa download lagu ya???
Gue: Kuota paling abis..
Mbak Tri: Enggak... kan kemaren abis beli.
Gue: Gak bisanya gimana emang?
Mbak Tri: Gak tau tuh.. Aku nyoba di yutub udah gak bisa..
Gue: YOUTUBE????
Mbak Tri: Iyeeeee...
Gue: NGAPAIN DOWNLOAD LAGU DI YUTUB???...  *sejak kapan yutub jadi situs buat download lagu... SEJAK KAPAAANN!!!!!
Mba Tri: Dihh.. Lhah emang kenapa? BIASANYA JUGA DISANA!!
Gue: *T____T makan eek sapi*

31 komentar:

  1. Bahahahaha. Itu anggota keluarganya lucu-lucu ya. Almarhum Bapak kamu mirip kayak Bapakku. Nurut banget sama Mamaku yang galak dan suka ngomel :D

    Btw kapan nih ada anggota baru? Istri kamu gitu kek..... *digampar*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkw lahh masaak iya? kayaknya emang dunia udah diambil alih sama perempuan deh..

      isrti masih dalam tahap pencarian.. masih jadi embrio keknya.. wkwk

      Hapus
  2. sungguh keluarga yang luar biasa dan menyenangkan :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. MENYENANGKAN?? Shitt, gue gak tau dari pucuk monas mana sampe bisa jadi keliatan menyenangkan..

      Hapus
  3. CCOba itu minum susu siapa tahu jadi bisa tidur. ohoho.
    Anyway, itu rusuh amat simboknya. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu temen juga ada yang nyaranin minum susu juga.. cuman belom dicoba..

      bukan rusuh lagi bro, itu udah ngajakin perang dunia 3

      Hapus
  4. Anak paling bungsu gak diceritain sekalian? :p

    Wajah ibunya sumbawa banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduhh jangan deh itu, aib soalnya..

      lhoh kok tau kalo sumbawa banget? darimana taunya? wkwk

      Hapus
    2. Papaku pernah kerja di Sumbawa, aku juga dari Lombok.. seringlah ketemu orang sumbawa, :D

      Hapus
  5. Aaaaaaaaaaakh :D ini cerita menjabarkan tentang keluargamu ya :D duuuh kocak-kocak seru ya keluargamu itu :') hihihi kalau keluargaku sih mungkin datar-datar aja :') tapi tetep sayaaang sama keluarga dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kocak darimana cobaa? anehh iya.. wkwk bener banget tuh, gimanpun bentuk keluarga kita, harus tetep disayang.. seeehh

      Hapus
  6. Wih, keluargalo seru yah..
    Gue belum pernah foto keluarga :(
    Masing-masing sibuk sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru sih tapi agak pada gesrek otaknya, jadinya gitu..

      gapapa pas lo wisuda ntar juga pasti foto keluarga kok..ekwk

      Hapus
  7. Coba minum susu segelas gede, biar bisa tidur sore.
    Pelan2 sih, dimajuin barang setengah jam setiap harinya kalau tidur.

    Anyway, simbok & mbak Tri itu ya ampuuun rusuh banget kalau jadi satu ruangan. Ruangan itu bakal jadi ruangan yang sudah terkena racun. Hehehe...

    Anyway,
    Jika berkenan, main-main ke blogku ya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akhir akhir ini udah mendingan si.. udah bisa tidur normal..

      iya kalo masuk itu jadi sianida semua isinya..

      Hapus
    2. Syukurlah sudah bisa tidur normal lagi.
      Jangan sampai tidurnya nggak beraturan lagi, kecuali kalau terpaksa.

      Hhahaha...
      Eh, sianida sih lewat alias udah kalah jauh... Pasti racunnya lebih ampuh dari sianida. :D

      Hapus
    3. uuookkhh jadi ada yang perhatian gini.. jangan jangan emak gue lu yeee??

      terus apa dong? oplosan bisa kobra sma iler siput mungkin lebih mematikan..

      Hapus
  8. Jadi penasaran bau kentut neneknya. Sesekali dibungkus bisa kagak ya ? kira -kira bentuknya mirip asap kenalpot kagak. Itu kakaknya mirip denganku. Punya hape cuma untuk sms dan telpon doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesini aja bro, rasain secara langsung aja kek apa.. asap pabrik kalah..

      buat ganjelan pintu bisa juga tuh keknya..

      Hapus
    2. kira-kira bikin pingsan kagak ???

      Hapus
  9. SUMPAH ngakak berat pas bagian simbok
    yah gimana ya sbg cucu harus maklum sama orang tua :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah kelewat maklum cuy.. ini tinggal dikantongin trus dijual deh..

      Hapus
  10. tapi keluarga lu manis banget lho biar kate suka absurd :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah.. bener tuh, seabsurd absurdnya keluarga kita.. yaaa tetep absurd.. :p

      Hapus
  11. Ntapss ye punya banyak anggota keluarga, tapi dua anak cukup kok *kampanya kb dah ini*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wolha, ini keknya petugas kb lagi nyamar deh.. -@-

      Hapus
  12. seru ya fotonyaaa seneng liatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk mau gak jadi bagian dari foto itu? ciaaaa

      Hapus
  13. itu keluarga absurd semua, tapi asik tuh punya keluarga kayak gitu daripada keluarga yang serius jadi malah nakutin

    BalasHapus
  14. kocak ngeliatnya, seru2 :)
    gue jadi inget keluarga di rumah :(
    pgen pulang.. hee

    BalasHapus